Ledakan Bom di Masjid Mapolresta Cirebon

Cirebon yang notabene kota kelahiran saya siang tadi dikejutkan dengan ledakan bom yang diduga bom bunuh diri yang dilakukan teroris. Bom meledak sekitar waktu sholat jum’at. Berikut kronologi terjadinya ledakan bom :

Pukul 11.45 WIB: Jamaah mulai berdatangan ke Masjid Mapolresta Cirebon untuk menunaikan ibadah salat Jumat. Mayoritas jamaah merupakan anggota kepolisian Polresta Cirebon.

Pukul 11.55 WIB: Tertib salat Jumat mulai dilakukan. Selang lima menit berikutnya, khatib Jumat mulai berkhutbah. Seorang saksi mata, Anton menyebut, pria yang diduga pelaku saat itu tak terlihat di antara jamaah yang berada di dalam masjid. Kasat Narkoba Polresta Cirebon, AKP Tri menyebut pria berbaju hitam-hitam yang diduga pelaku saat itu berada di luar masjid.

Pukul 12.10 WIB: Khatib mulai menuntaskan khutbahnya. Jamaah bersiap melakukan salat. Sejumlah saksi mata menuturkan, pria yang diduga pelaku bom bunuh diri, masuk ke dalam masjid dan berbaur di dalam saf (deret salat). Pria yang diduga pelaku tersebut berada di saf ke-3 salat.

Pukul 12.15 WIB: Imam salat Jumat memulai salat Jumat berjamaah. Pun saat imam mengucapkan takbir, ledakan terdengar. Sejumlah orang terluka, seorang pria yang diduga pelaku terkapar. Sejumlah orang yang terluka dievakuasi.

Kabar terakhir yang dipantau via twitter dan juga media massa korban tewas 1 orang yang diduga merupakan pelaku bom bunuh diri dan sedikitnya 25 orang luka-luka termasuk Kapolresta Cirebon AKBP Herukoco yang kini sedang dilakukan perawatan di RS Klayan Cirebon.  Pelaku diperkirakan berusia 25 hingga 30 tahun. Tinggi berkisar 165-170 cm, mengenakan baju hitam, celana panjang hitam, jaket hitam, dan mengenakan sebuah tas pinggang.

Sungguh ironis masjid yang notabene sebagi tempat peribadatan umat Islam malah dijadikan sasaran bom bunuh diri yang dilakukan orang yang mengaku Islam dan berjihad (menurut definisinya) di jalan Allah. Padahal korban-korbannya juga merupakan sodara sesama muslim juga, naudzubillahimindzalik.

Apapun bentuknya, di tempat peribadatan umat manapun itu, jelas-jelas teror bom adalah hal yang sangat salah, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa! Saya pribadi tidak mengerti kenapa orang-orang seperti itu mau melakukan hal-hal yang menurut saya itu BODOH, dan apapula yang ada di pikiran mereka?!! Saya memang orang yang awam akan ajaran Islam, yang tidak tahu secara mendetail, tapi sejak dari kecil kita diajarkan hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk, bukan kah seharusnya semakin dewasa kita semakin mengerti akan baik dan buruk itu?

Waspada Kebhinekaan kita sedang diuji, semoga dalam setiap cobaan dapat semakin belajar dan kita sebagai bangsa semakin kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s