Santai Kaya Di Pantai

Haloo pantaiii.. Finally ketemu air juga, setelah kepengenan itu tertunda sangat lama. Walaupun cuma pantai depok sih. Pantai Depok itu letaknya sebelum parangtritis (baca: paris) , jadi belok kanan sebelum masuk gerbang paris. Ramenya sih sama, tapi sedikit lebih sepi dari paris. Dan pantai depok bukan tipe pantai yang berpasir putih sih, untuk dibilang bersih ya lumayan lebih bersih dari paris. Di depok itu identik dengan rumah-rumah makan yang nawarin menu makanan seafood. Di sana bisa beli sendiri ikannya langsung di penjualnya, trus dibawa ke rumah-rumah makan yang ada disitu untuk minta tolong buat masakin. Atau bisa juga beli dan masak di rumah makan itu. Terserah pilihan dan enaknya gimana.

Di Jogja sendiri banyak banget pantai-pantai bagus. Kalo kata orang sih, Jogja itu tempat strategis, wisata pantai ada wisata gunung pun ada. Pantai-pantai bagus dan berpasir putih kebanyakan letaknya di wilayah gundul (gunung kidul, hehe saya nyebutnya gitu). Daerah situ walaupun katanya gersang, tapi pantainya bakal bikin sering bilang Allahu Akbar deh! Bagus-bagus banget.. Udah gitu masih sepi pula, jadi udah berasa kaya pantai pribadi. Pasirnya putih, lautnya biru, pemandangannya beuuuhh cakep benerr! Ya walaupun untuk mencapai kesitu jalannya ga mulus sih, mesti naik turun gunung, jadi mesti hati-hati.

Untuk ke gundul, kalo dari Jakarta ataupun kota lainnya langsung saja naik berbagai macam angkutan umum yang tersedia untuk menuju ke Jogja dengan pesawat, kereta, ataupun bus. Setelah itu silahkan menuju ke Terminal Giwangan untuk mencari bus yang akan mengantar ke Wonosari. Cukup banyak kok bus tujuan Jogja-Wonosari. Tapi cara terbaik untuk mencapai pantai-pantai di gundul adalah dengan naik kendaraan pribadi, bisa menyewa motor atau mobil saat  di Kota Jogja. Untuk tempat sewa motor bisa ditemukan di sekitar Jalan Pasar Kembang dekat dengan Stasiun Tugu, sedangkan tempat sewa mobil banyak sekali di Jogja. Sewa motor juga bisa didapatkan di sekitar Terminal Wonosari.

Mengapa saya merekomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke pntai-pantai di Gunung Kidul? Yang pasti alasannya karena sulitnya akses angkutan umum untuk menuju ke pantai-pantai tersebut. Mungkin kalau tujuan Anda hanya ke Pantai Baron memang terdapat lebih banyak angkutan umum yang bisa mengantar Anda, tapi jika ke pantai-pantai lainnya saya rasa tidak ada. Paling hanya ada satu atau dua angkutan dari Kota Wonosari sampai dengan desa terdekat dengan pantai yang jadwalnya tidak menentu. Maka akan menghabiskan banyak waktu jika menunggu angkutan tersebut.
Nah untuk jalur menuju gundul ada dua alternatif. Alternatif yang pertama lewat Jalan Wonosari dengan melewati Patuk. Karena daerah gundul merupakan pegunungan batu kapur, pastinya jalannya akan naik turun dan berliku. Tapi tenang aja, jalanan untuk rute ini cukup bagus dan lebar kok. Alternatif kedua adalah dengan lewat Imogiri melalui jalur Panggang dan Saptosari. Jalanan pada alternatif kedua ini sama-sama naik turun, berliku, serta lebih kecil dan sepi. Tapi pemandangannya luar biasa bagus kalau lewat jalan ini. Buat yang belum tau sebaiknya menggunakan alternatif yang pertama karena petunjuk arahnya lebih banyak dan yang pasti lebih ramai.

Saya dan teman-teman dulu pernah ke salah satu pantai, namanya pantai sundak. Cakep bener deh pantainya, pasirnya putih, pemandangannya beuuhh, dan lebih lagi di pantai yang panjang itu cuma ada kami. Jadi gada pengunjung lain, gada sampah juga, cuma ada kami. Bisa dibayanginkan, kalo kami menyebutnya kebanyakan pantai di Jogja masih ‘perawan’. Jadi buat yang berlibur di Jogja, jangan cuma main ke Malioboro aja, wisata pantainya jangan lupaa..

Ini share sedikit tentang pantai-pantainya (saya dan teman-teman sih baru mengunjungi sundak, baron, depok aja yang lain belum ada waktu yang pas buat kumpul rame-rame)  :

(Gambar Atas) Pantai Jungwok (kaya nama orang Korea ya :p)

(Gambar Atas) Pantai Sundak (yang pernah saya dan teman-teman kunjungi)

(Gambar Atas) Pantai Wediombo

(Gambar Atas) Pantai Sedahan

(Gambar Atas) Pantai Siung

(Gambar Atas) Pantai Drini

(Gambar Atas) Pantai Indrayanti (kaya nama orang juga ya, hehe)

Itu tadi sedikit pantai-pantai indah yang ada di Jogja, maaf cuma bisa share gambar karna jujur saya juga disorientasi kalo soal arah, hehe. Jadi kalo mau tahu tepatnya itu pantai dimana letaknya, monggo search aja di mbah google, yang pasti jangan meragukan keindahannya Insya Allah bagus. Jadi ayok buru-buru packing buat berkunjung ke pantai-pantai itu dengan membawa bekal GPS manual alias tanya sana sini, hehee

Sumber Gambar: Google dan dokumen pribadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s