Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa

Beberapa menit yang lalu saya sedang membereskan buku-buku yang baru saya bawa dari rumah. Ada beberapa buku yang saya beli disana, salahsatunya ‘Meraba Indonesia’ karya Ahmad Yunus. Dari buku itu ada bonus CDnya. CD film ‘Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa’. Sebuah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan 2 orang jurnalis (Ahmad Yunus dan Farid Gaban) mengelilingi Indonesia. Kurang lebih 80 pulau dilewati, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Perjalanan tersebut bukan perjalanan yang hanya sekedar mencari pengalaman, foto, atau traveling-traveling biasa tapi perjalanan ini ada tujuan dan maksudnya. Sepenangkapan saya (maaf kalau saya salah, hehe) tujuannya dari mas Yunus dan mas Farid (sok akrab bener deh looo, hahaa) berekspedisi gila ini selain untuk menyingkap bahwa Indonesia itu merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, kaya akan tempat-tempat indah, kaya akan budaya tetapi juga ada sisi dimana sebenarnya jauh di luar Pulau Jawa (atau bahkan di Jawa sendiri) masih banyak rakyat Indonesia yang terbelakang. Menyingkap budaya dan ‘pembukaan mata’ yang dilakukan oleh Ahmad Yunus dan Farid Gaban ini dikemas secara apik dan menarik dalam bentuk film dokumenter berdurasi lebih kurang 60 menit. Indonesia itu harusnya dilihat bukan hanya Jawa, hanya di Jawa saja yang infrastrukturnya WAH, tapi harusnya dilihat dan diperlukan tindakan nyata untuk membangun daerah-daerah lain agar seperti di Jawa. Memang tidak mudah dan gampang, tapi dengan tekad bulat dan dilakukan perlahan tapi nyata itu pasti akan terwujud. Dari film ini juga saya belajar tentang budaya-budaya yang dijelaskan di dalamnya, ya walaupun tidak diceritakan secara detail. Tapi inti dari perjalanan 2 jurnalis ini membuat saya terpukau dan terpana, dan pastinya menambah poin plus bagi saya lebih mengagumi JURNALIS, hehee 😀

Kalau ada yang mau pinjam silahkan hubungi saya, sebisa mungkin akan saya pinjamkan..

Leave a Reply

