Logis

Ketika membuat keputusan, umumnya orang memiliki alasan. Entah itu keputusan melanjutkan studi di mana, memilih pakaian, memilih pasangan, ataupun mengucapkan sesuatu. Alasan itu yang menjadi dasar seseorang melakukan apa yang diyakininya baik pada saat itu.

Masalahnya terkadang alasan seseorang belum tentu bisa diterima oleh orang lain. Bagaimanapun orang berpegang pada apa yang mayoritas. Di mana minoritas begitu mudah dicap sebagai hal yang salah. Terkadang begitu sulit mencerna alasan mengapa seseorang membuat suatu keputusan. Mungkin sama sulitnya bagi orang itu untuk mengerti mengapa alasannya dipertanyakan.

Kalau begitu, apakah sebenarnya ada alasan yang tidak logis? Atau itu hanyalah masalah kemampuan orang untuk memahami cara pandang orang lain? Bahwa sebenarnya setiap alasan itu logis, asalkan orang mau mencoba mengerti orang lain.

Logis sendiri diartikan sebagai sesuatu yang benar menurut penalaran, hal yang masuk akal. Sementara manusia sendiri adalah makhluk yang unik. Satu kejadian bisa dipersepsikan dengan beragam cara oleh orang-orang yang berbeda. Saya pikir penalaran seseorang pun berbeda-beda pula. Jangkauan berpikir tiap orang tentu berbeda-beda. Orang dengan usia yang berbeda, akan memiliki sudut pandang yang berbeda pula tentang apa yang logis dan tidak. Saya pikir, kelogisan juga dipengaruhi oleh lingkungan, pengalaman, serta kepercayaan seseorang.

Jadi, mungkin sebenarnya yang dibutuhkan hanya telinga yang mendengar. Kemudian mata yang menatap dan mengamati, hati yang menimbang, dan pikir yang mengolah apa yang diterima. Karena terkadang kepercayaan bisa menukar apa yang tidak logis. Karena terkadang percaya membuat orang melapangkan pemahamannya. Berusaha mengerti bahwa orang tidak memiliki jangkauan pikir yang sama. Karena percaya terkadang seperti kertas putih yang lugu. Mungkin begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s