Harap

Mungkin yang paling sulit adalah tidak berharap. Tetapi segalanya menjadi lebih mudah ketika mampu untuk tidak berharap. Segalanya lebih mudah untuk diterima, segalanya lebih mudah untuk disyukuri.

Tetapi berharap adalah napas hidup. Di mana manusia meletakkan eja tentang nanti dan esok. Di mana lidah mengucapkan mimpi. Di mana mata menatap mimpi yang tergantung. Di mana semangat hidup dihembuskan.

Lalu masihkah hitam dan putih bisa dipilih? Masih bisakah ya dan tidak menjadi ukuran? Ketika memilih “Tidak” berarti mengubur esok dan memilih “Ya” berarti bersiap memeluk nyeri ketika segalanya berantakan?

Karena sayangnya manusia tidak bisa memilih hanya hidup dalam ruang kini. Selalu ada esok yang muncul menyapa. Esok yang terkadang iseng menumpahkan warna pada kain putih. Warna yang terkadang membuat apa yang ada tak lagi sama. Esok yang terkadang mematahkan harapan-harapan yang tergantung. Esok yang membuat tangan-tangan ditengadahkan mengujar doa. Seucap pinta. Entah pinta apa yang diujar tiap-tiap hati.

Mungkin ada yang teguh memilih berharap. Mengucap pinta agar segalanya terjadi seperti yang dia mau. Mungkin ada pula yang mengucap kepasrahan. Membiarkan segalanya terjadi seturut kehendak-Nya, walau di sisi lain menyimpan harap. Lalu ada pula yang meminta kekuatan. Tidak menuntut pinta dikabulkan, hanya hati yang dikuatkan agar tetap tegak berdiri ketika segala yang terjadi mampu meluruhkan segala daya di kaki.

Karena sesungguhnya tidak semua harapan terkabulkan. Karena mungkin hanya ada tiga jawaban doa; Ya, saat ini. Ya, nanti. Tidak, karena Aku memiliki yang lebih baik untuk kamu.

*Mengujar pinta dalam doa malam ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s