Menjadi Lebih Baik

Mungkin tiap orang itu tidak akan tergantikan. Karena demikanlah orang datang dan menggambar jejaknya masing-masing. Meninggalkan jejak dan membersihkan sisa debu dari sepatu ketika beranjak pergi.

Ada yang meninggalkan jejak yang habis kisahnya dalam satu tiupan angin. Ada pula yang meninggalkan jejak hingga tercetak relief. Jejak yang membuat bentuk tak lagi sama.

Tapi satu hal yang pasti, setiap jejak yang ditinggalkan, setiap debu yang dikibaskan, setiap pintu yang ditinggalkan, di situ ada pelajaran yang bisa diambil. Ada hal-hal yang membentuk orang menjadi bentuknya hari ini. Orang selalu belajar. Belajar memaki dan menahan mulut. Belajar marah dan menahan diri. Belajar membenci dan memaafkan. Belajar menjadi kuat dan bersandar. Orang belajar membentuk keseimbangan. Belajar dari jejak-jejak yang ditinggalkan.

Ketika itu pahit, tersenyumlah. Ketika itu membahagiakan, tertawalah. Ketika itu menyakitkan, bersyukurlah. Ketika itu menimbulkan kebencian, maafkanlah. Tidak akan mudah, tidak akan pernah menjadi semakin mudah. Mungkin juga akan menghadapi berkali-kali kegagalan. Tapi jangan menyerah. Terus dan terus mendidik diri menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak ada pembenaran dan pembelaan. Apa yang benar adalah tetap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s