Yang Terlintas

Saya pikir kita tidak pernah tahu orang macam apa yang akan melintas di garis hidup yang kita jalani. Akankah dia menggoreskan lengkungan senyum? Akankah dia mengguratkan kerut amarah dan benci? Akankah dia melukiskan cinta merah muda? Akankah dia menggenggamkan belati di tangan? Tak ada yang tahu.

Saya tidak pernah berpikir bahwa di sini saya berada hari ini. Menyelesaikan pertemuan demi pertemuan dengan orang-orang yang melintas di hidup saya. Kilasan-kilasan cepat, potongan-potongan singkat. Tapi semuanya meninggalkan pelukan hangat.

Lalu saya pikir, sebenarnya bukan jangka waktu orang-orang itu melintas. Tapi di mana saya meletakkan mereka. Bahwa pada akhirnya bagaimana cara saya memperlakukan mereka, melahirkan perlakuan mereka kepada saya. Bahwa dalam waktu yang singkat, mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu dan membuka jalan untuk saya belajar. Mungkin begitu.

Leave a Reply

