Life is Struggle

image

Life is struggle. Without struglle there can be no progress.

Bapak berangkat pagi sekali. Seperti biasa. Dia mengeluarkan becaknya sepagi ini. Bapak biasa bangun jam 3 pagi, becak kesayangannya selalu dicucinya setiap hari.
Aku juga biasa bangun pagi mengikuti bapak. Menyiapkan sarapan ala kadarnya untuk dia. Pisang goreng dan secangkir kopi. Bukan roti atau pun susu sapi. Kata ayah pisang dan kopi yang aku buat adalah yang terenak. Tentunya setelah buatan ibu. Ibu meninggal seminggu yang lalu. Sakit yang kami pun sulit menyembuhkannya, karena tidak punya uang.

“Nduk, bapak pergi dulu ya. Kamu jangan lupa sekolah. Adik-adikmu jangan lupa disuruh sarapan dulu. Doakan bapak bisa dapat uang untuk beli beras yaa”

Aku mengangguk. Beras kami sudah hampir habis, hanya cukup untuk makan satu orang saja.

Semoga bapak selalu sehat, dan semoga aku masih cukup kuat untuk bisa bantu bapak. Aku selalu ingat kata pak ustadz: Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila mereka tidak berusaha untuk mengubahnya sendiri.

Aku yakin ada hidup yang lebih baik di depan sana nanti. Bapak terimakasih. Ibu sampaikan pada Allah bahwa aku akan terus berusaha sekuat tenaga.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s