Si Bungsu

Apa itu adil? Manusia tidak akan pernah bisa berlaku adil. Bahkan terkadang kasih orang tua pun tidak begitu.

Hmm.

Waktu kecil katanya anak bungsu itu anak yang paling disayang. Sudah besar, si bungsu yang tumbuh menjadi lebih dewasa dibanding kakak-kakaknya. Si bungsu yang selalu dilaporkan akan ini dan itu dari apa yang terjadi di rumah, si bungsu yang melihat secara langsung ini dan itu, si bungsu yang bukan lagi menjadi anak yang dimanja (tapi tetap disayang) tumbuh menjadi seorang: pemikir, sandaran bahu bagi mereka, yang paling suka dimarahi karena ‘suaranya’ paling keras (menyuarakan apa yang ia lihat, dengar, rasakan, dan yakin jika itu suatu kebenaran).

Dibanding kakak-kakaknya, si bungsu juga anak yang perhatian, pemikir, pembuat keputusan, dan penurut. Tapi lagi-lagi selalu dia yang paling disalahkan jika dia menyuarakan apa-apa yang sebenarnya dipendam oleh mereka yang berada di tempat yang mereka sebut rumah.

Lagi.. Lagi.. Dan lagi. Semakin tumbuh dewasa, si bungsu berpikir bahwa kakak laki-lakinya lah yang sekarang lebih pantas disebut “bungsu”.
Dia tidak ada yang memarahi jika dia benar-benar melakukan kesalahan. Hal yang bungsu pikir aneh, dan menyebalkan. Lalu letak adilnya dimana? Si bungsu hanya bisa diam dan tidak tahu kemana harus bercerita dan mengadu. Mengadu pada makhluk nyata (selain Tuhan pastinya, karena mengadu pada Tuhan adalah hal yang tidak boleh tidak), bahkan kedua orang tuanya pun tidak benar-benar mendengarkan.

Si bungsu yang penurut, yang selalu jadi objek omelan pertama kali, yang masih mau disuruh ini dan itu, kini ingin berkata…..MENGAPA BEGITU, MAH, PAH?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s