Sebuah Pemikiran

Malam ini tiba-tiba muncul pertanyaan di benak saya. Pertanyaan yang mungkin bukan mata yang dapat melihat, tapi hati yang merasakan.
Apakah bahagia itu terpatok atas norma?

Norma, yang katanya hukum yang ada di dalam masyarakat. Dia lahir dari hasil interaksi sosial manusia. Tapi tidak dengan norma agama. Karena itu adalah mutlak dari Tuhan, dan tidak dapat diganggu gugat.
Norma yang saya bicarakan adalah norma sosial. Karena untuk urusan agama tidaklah pantas saya membicarakannya. Agama adalah urusan hamba dengan Tuhannya, maka itu bukanlah judging orang terhadap orang lainnya.

Kenapa saya bertanya demikian? Saya baru baca cerita di sebuah artikel tadi, dan muncul lah pertanyaan itu.
Bahagia, hal kasat mata yang dapat dirasa oleh hati. Nyaman dan hangat. Tapi kadang mata dapat melihat bahagia itu. Dalam cerita yang saya baca itu saya dibuat takjub, apa-apa yang dilihat mata terkadang memang tidak perlu ditanyakan lewat mulut. Disitu sang pencerita bilang, bahwa dia melihat orang yang disayangnya berubah lebih ‘berwarna’ ketika seorang tetangga datang dalam hidup orang yang disayangnya. Dia tidak menghakimi ini dan itu, yang dia tahu orang yang disayangnya itu terlihat lebih bahagia semenjak sang tetangga itu datang ke kehidupannya. Si pencerita tidak menghakimi juga lewat norma sosial yang ada. Bahagia adalah segala-galanya, ketika ‘sakit’ yang dirasa dahulu. Dia tidak bertanya, apakah ada hal yang lebih diantara kedua orang itu. Yang dia tahu bahwa orang yang disayangnya bahagia. Cukup.

Hidup cuma 1 kali, jangan pernah hidup dengan hidup sebagai orang lain. Berbahagia. Hidup dengan baik. Jadilah sebaik-baiknya hamba taat kepada Tuhannya.
Selebihnya biar itu menjadi urusan Tuhan. Jangan pedulikan ini dan itu yang keluar dari mulut orang lain.

Setidaknya itu yang saya pahami.

Leave a Reply

