Nisfu Sya’ban

Malam nanti adalah malam nisfu sya’ban. Apa itu nisfu sya’ban? Berikut sedikit tentang nisfu sya’ban yang saya kutip:

Suatu malam rasulullah salat, kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil, karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Setelah Rasulullah usai salat beliau berkata: “Hai A’isyah engkau tidak dapat bagian?”. Lalu aku menjawab: “Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfikiran yang tidak-tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama”. Lalu beliau bertanya: “Tahukah engkau, malam apa sekarang ini”. “Rasulullah yang lebih tahu”, jawabku. “Malam ini adalah malam nisfu Sya’ban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki” (H.R. Baihaqi)

Berkenaan dengan malam Nisfu (pertengahan) Sya’ban ada beberapa permasalahan yang patut diketahui: Tentang keutamaan malam ini, terdapat beberapa hadis yang menurut sebagian ulama sahih. Diantaranya hadis A’isyah: “Suatu malam rasulullah salat, kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil, karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Setelah Rasulullah usai salat beliau berkata: “Hai A’isyah engkau tidak dapat bagian?”. Lalu aku menjawab: “Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfikiran yang tidak-tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama”. Lalu beliau bertanya: “Tahukah engkau, malam apa sekarang ini”. “Rasulullah yang lebih tahu”, jawabku. “Malam ini adalah malam nisfu Sya’ban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki” (H.R. Baihaqi) Menurut perawinya hadis ini mursal (ada rawi yang tidak sambung ke Sahabat), namun cukup kuat.
Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: “Malam nisfu Sya’ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: “Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing.” (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Ulama berpendapat bahwa hadis lemah dapat digunakan untuk Fadlail A’mal (keutamaan amal). Walaupun hadis-hadis tersebut tidak sahih, namun melihat dari hadis-hadis lain yang menunjukkan kautamaan bulan Sya’ban, dapat diambil kesimpulan bahwa malam Nisfu Sya’ban jelas mempunyai keuatamana dibandingkan dengan malam-malam lainnya.
Bagaimana merayakan malam Nisfu Sya’ban? Adalah dengan memperbanyak ibadah dan salat malam dan dengan puasa, namun sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, yaitu dengan secara sendiri-sendiri. Adapun meramaikan malam Nisfu Sya’ban dengan berlebih-lebihan seperti dengan salat malam berjamaah, Rasulullah tidak pernah melakukannya. Sebagian umat Islam juga mengenang malam ini sebagai malam diubahnya kiblat dari masjidil Aqsa ke arah Ka’bah.
Adapun apa yang sering dilakukan oleh sebagian umat Islam, yaitu Salat Malam Nisfu Sya’ban sebanyak 100 rakaat, ini tidak ada landasannya dan termasuk bid’ah. Syeikh Abdurrahman bin Ismail al-Muqaddisi telah mentahqiq masalah ini. Demikian juga tidak ada do’a khusus untuk malam nisfu Sya’ban, namun cukup dengan do’a-do’a umum terutama do’a yang pernah dilakukan Rasulullah. Jadi sangat dianjurkan untuk meramaikan malam Nisfu Sya’ban dengan cara memperbanyak ibadah, salat, zikir membaca al-Qur’an, berdo’a dan amal-amal salih lainnya.

Negeri Itu Bernama Belanda

Setiap orang pasti punya mimpi, saya juga. Salah satu mimpi saya adalah bisa menginjakkan kaki di negeri Ratu Beatrix, Belanda. Apapun itu judulnya, entah itu study atau sekedar traveling kesana. Apa saya bisa? Kata orang, bermimpilah yang tinggi sekalipun belum tahu bagaimana cara mewujudkannya. Entah darimana mimpi ingin kesana itu muncul, setiap mendengar Belanda seakan hati senang dan telinga terpasang tajam-tajam. Beberapa buku dan majalah tentang negeri itu pernah saya baca, dan makin ngiler aja ketika melihat itu. Belanda biarpun hanya negara kecil di benua Eropa, tapi menyimpan banyak potensi. Walaupun dulu juga Belanda lah yang menjajah negeri kita, tapi saya jatuh cinta dengan Belanda. Rasa ingin tahu dan penasaran akan negeri itu membuat saya mempunyai doa khusus yang dipanjatkan pada Tuhan. Tuhan, apa saya bisa kesana? Ijinkanlah saya Tuhan, tolong.. Biarkan hamba-Mu ini melihat sisi lain dari benua Eropa. Negeri Belanda yang notabene terletak di benua Eropa dan uniknya sebagian besar tanahnya berada di bawah permukaan laut. Keterbukaan warganya dengan dunia luar dan orang-orang luar dari seluruh dunia membuat Belanda banyak dikunjungi oleh turis-turis mancanegara baik sekedar jalan-jalan ataupun untuk melanjutkan studi. Banyak tempat-tempat unik juga yang menjadi tujuan wisata di Belanda, semisal Madurodam yang terletak Scheveningen, Den Haag, sebuah kota miniatur dengan skala 1:25 yang terdiri dari bangunan-bangunan khas Belanda dan landmarks yang ada.

Banyak hal menarik dari Belanda, cultural-cultural event yang unik dan terkenal ke seantero dunia terjadi setiap tahunnya. Koninginnenacht (Hari Ulang Tahun Ratu), hari nasional setiap 30 April. Pada malam sebelum ultah Ratu, digelar panggung musik, pesta, dan beberapa permainan khas Belanda di berbagai kota besar. Pagi harinya, saat peringatan, di Istana kerajaan Den Haag, Ratu dan keluarga kerajaan akan keluar istana untuk menjumpai rakyatnya, disertai pawai. Di kota-kota besar seperti Amsterdam, diadakan perayaan dengan panggung musik dan berbagai pertunjukkan gratis. Summer Carnaval, parade besar mirip seperti Mardi Gras di Brazil diselenggarakan di Kota Rotterdam, dengan berbagai tarian dan kostum khas Karibia. Heineken Dance Parade, sponsor acara ini adalah perusahaan bir Heineken, acaranya sendiri berlangsung di kota Rotterdam. Northsea Jazz Festival, ribuan pemain jazz dunia mengisi event 3 hari ini. Acara jazz ini sendiri biasa diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya. Gay Parade, event gay terbesar bagi kaum gay se-Eropa bahkan dunia. Biasanya berlangsung pada bulan Agustus setiap tahunnya. Parade ini dilakukan di sepanjang kanal Amsterdam dengan berbagai kostum mencolok. Keukenhoff, pameran bunga terbesar di Belanda. Biasa diadakan pada akhir Maret hingga akhir Mei. Bunga-bunga terbaik dari pelosok negeri ditampilkan disini. Alkmaar Kaasmart (Pasar Keju Tradisional di Alkmaar), diadakan pada April dan September. Satu-satunya pasar keju yang masih mempertahankan ritual perdagangan keju tradisional, terdapat di kota Gouda. Atmosfer pasar keju di Belanda pada zaman dulu terasa kental dengan pedagang berkostum tradisional dan menggotong ratusan roda keju yang dilelang dengan pikulan di tengah lapangan. Acara ini biasanya berlangsung setiap hari Jum’at saat musim panas. Rotterdam Marathon, biasa diadakan pada hari Minggu terakhir di bulan April. Landgraaf Pinkpop Festival, diadakan pada awal Juni. Pinkpop adalah festival musik dengan konsep panggung terbuka yang dibuat serupa Woodstock di NY. Event ini berlangsung selama 3 hari. Karnaval Maastrich, awalnya karnaval ini hanya ditujukan bagi warga kota Maastrich saja yang mayoritas beragama Katolik. Namun pada akhirnya seiring dengan perjalanan waktu, beberapa kota di sekitarnya seperti Roermond, Heerlen, Venlo, Tilburg, ‘s-Hertogenbosch, Bergenop Zoom, Eindhoven, Breda, Oldenzaal, dan Prinsenbeek turut ikut menjalankan tradisi ini. Mereka merayakannya tepat 40 hari sebelum Paskah dan 3 hari sebelum Ash Wednesday (Rabu Abu). Leiden Ontzet, hari pembebasan kota Leiden. Kenapa disebut hari pembebasan kota Leiden? Jadi dulu Leiden itu merupakan kota pertahanan terakhir Belanda dari kepungan bangsa Spanyol pada Perang 80 Tahun. Pengepungan tersebut membuat warga kota menderita kelaparan selama berbulan-bulan karna jalur distribusi makanan diisolir. Sampai pada akhirnya bantuan dari Raja William van Oranje datang membebaskan mereka pada tahun 1574. Setelah berhasil ngusir Spanyol, tentara Raja William itu mendobrak masuk melalui salah satu bendungan kanal dengan membawa bantuan makanan berupa ikan haaring dan roti bagi warganya yang kelaparan. Karna sang Raja terkesan dengan semangat juang warga Leiden yang pantang menyerah melawan bangsa Spanyol, ia pun memberikan hadiah kepada warga kota. Konon hadiah yang ditawarkan adalah 2 yakni pembebasan dari pajak atau didirikan sebuah universitas. Dan warga pun memilih pilihan kedua yakni didirikan universitas yang menjadi permulaan berdirinya universitas pertama di Belanda. Event ini diperingati setiap tanggal 3 Oktober. Tradisi pada acara ini adalah ramai-ramai memakan roti dan ikan haaring mentah.

Semoga suatu saat nanti, bisa melihat dan menyaksikan langsung cultural-cultural event tersebut, aamiin. Belanda oh Belandaaa 🙂

Bell Bukan Penemu Telepon (?)

Antonio Santi Giuseppe Meucci, (lahir 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon. Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Dia adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi di sana bersama istrinya. Pada waktu senggangnya Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.

https://i1.wp.com/www.chezbasilio.it/immagini/meucci_85.jpg
https://i0.wp.com/www.hebrewhistory.info/images/factpaper/27-I.3.gif

Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

http://www.jergym.hiedu.cz/~canovm/objevite/objev4/meu_soubory/meucci_old.jpg

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah “hilang”.

https://i2.wp.com/www.telephoneteca.com/images/Meucci_2.jpg

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas “penemuannya” selama 17 tahun kepada Western Union. Antonio Meucci wafat pada tanggal 18 Oktober 1889.

https://i1.wp.com/www.biografiasyvidas.com/biografia/m/fotos/meucci.jpg

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

Sumber: Terselubung

NB: Wah fatal juga nih, dari jaman belum lahir taunya penemu telepon Alexander Graham Bell, ternyata eh ternyataaa..

Kecerdasan Manusia

1. Kecerdasan Kinestetis Jasmani

Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikahn ide atau perasaan, keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu, kelenturan kekuatan, berhubungan dengan hal yang berkaitan dengan sentuhan. Kalau kamu suka bikin pernak-penik, atau suka menghafalkan rumus fisika sambil senam, wah kamu tuh! *jago bener kalo bisa multitask gitu*

2. Kecerdasan Naturalis

Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies di lingungan sekitar kepekaan pada fenomena alam, kemampuan membedakan benda tak hidup.

3. Kecerdasan Musical

Kemampuan menangani bentuk-bentuk musical dengan cara membedakan, mengubah, kepekaan pada nada, irama, melodi. Bisa dengan cepat menghafal lagu dan menggunakan musik untuk menghafal pelajaran. (ga saya banget ini, tp masih penggemar musik lah, walopun gatau banyak :p)

4. Kecerdasan Intrepersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, dan perasaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wjah, reka, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orang untuk melakukan tindakan tertaentu. Orang yang punya kecerdasan ini bisa jadi tempat curhat yang baik, kamukah itu?

5. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kepekaan memahami diri sendiri, pemahaman dan kepekaan atas suasana hati, keinginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri.

6. Kecerdasan Spasial

Kemampuan mempresepsikan dunia spasial-visual secara akurat, mentranformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur itu, kemampuan membayangkan sesuatu, mempresentasikan ide dengan cara visual, mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial. Kamu suka menyesatkan diri saat jalan-jalan, tapi kamu selalu menemukan jalan. Inilah kecerdasan kamu.

7. Kecerdasan Matematis Logis

Kemampuan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesisi. Cocok buat kamu yang suka hitung-menghitung agak rumit dan senang denagn permainan angka.

8. Kecerdasan Linguistik

Kemampuan menggunakan kata secara efektif, lisan maupun tertulis. Meliputi juga kemampuan memanipulasi tata bahasa atau struktur bahasa, bunyi bahasa makna sehingga peka terhadap kata kalimat, susunan, huruf, dan mampu menyusunnya dengan baik dan indah.

So, kamu yang mana nih? Kalo sayaa, hmmmm.. Rahasia!hehe

Inovasi Kendaraan Masa Depan

Masa depan transportasi kita sangatlah unik dan luar biasa. Ini mungkin masih konsep, tapi sangatlah tidak mungkin bahwa akan terealisasi.

1. Robot Sepeda Untuk Mengayuh Sepedamu


Ingin berkeliling dengan sepeda? menikmati angin di pagi hari, tapi anda terlalu malas untuk mengayuh sepeda?Santai ini jawabannya, dengan sepeda ini anda tidak perlu mengayuh sendiri, karena sepeda ini diayuh oleh bantuan robot. Robot ini akan ada dibelakang anda, anda hanya perlu naik sepeda dan biarkan sang robot melakukan pekerjaannya. Berat sepeda dan robot sekitar 200 kg, jadi ini tidak naik ringan, tetapi itu adalah gaya – tarik menarik, dan konsep yang menakutkan.

2. Transportasi Monorail Manusia

Sebuah monorel orang yang bisa dikendalikan kemanapun.
Saat ini hanya di sebuah taman hiburan Selandia Baru, monorel pedal ini terdiri dari rel panjang dengan ‘pod’ individu tergantung ke bawah, yang bisa naik sampai 30 mil per jam.

3. Kendaraan Pemandangan

Ini adalah mobil yang di design untuk melihat pemandangan.
Untuk orang yang ingin memiliki mobil pribadi tapi tidak ingin menyetirnya sendiri, mungkin ini adalah jawabannya. Dengan mobil ini pengendara cukup duduk di kursi dan kendaraan akan berjalan sesuai arah tujuan anda, Dengan ruang untuk 7 penumpang, dan dinding transparan yang bisa melihat pemandangan dengan leluasa. Para designer memperkirakan mobil ini akan keluar pada tahun 2040 gan !!

4. Mobil Mewah Bertenaga Solar

Dengan fisik ramping yang sangat mirip dengan yang lain konsep kendaraan futuristik listrik, Lovos BMW tetap menonjol dalam salah satu cara utama: memiliki sisik. Skala Solar, tepatnya, yang berfungsi sebagai produsen energi dan rem angin-hambatan udara. Dibuat oleh Anne Forschner, lulusan Pforzheim University di Jerman, konsep ini mungkin bukan kendaraan listrik paling praktis atau realistis yang pernah didesain, tapi jelas memiliki tampilan yang unik.

5. Modifikasi Baru Mobil Subaru

Dengan suspensi serius ditingkatkan dan mesin supercharged dapat membuat Subaru ini kemana-mana, tidak ada Subaru lainnya mungkin: off-road, ke salju dan es kecuali subaru terbaru ini yang bernama Subaru Impreza WRX majorly diubah IMS, diciptakan oleh rally mobil sopir Amerika Ken Block, mudah ritsleting melalui pemandangan musim dingin dan menggiring para snowboard untuk lebih ke atas gunung.

6. Emisi Mobil Dari Renault

Sementara mobil Amerika masih memperdebatkan pro dan kontra dari penjualan kendaraan semua-listrik, Renault merek Eropa memulai debutnya dengan empat mobil listrik di 2009 Frankfurt Motor Show. Sebuah mobil keluarga SUV dan lima-penumpang “city car”. Semua keempat mobil tersebut akan tersedia untuk dikeluarkan pada tahun 2012.

7. Sepeda Lipat

Apa yang membuat lebih bisa ramah lingkungan, kecuali dengan berjalan sendiri dengan dua kaki dan mengendarai sepeda. Untuk orang-orang yang tinggal dekat dengan tempat kerja, atau tinggal di apartemen kecil, transportasi sepeda akan ideal jika saja sepeda itu cukup kompak praktis. Dan para penemu pun membuat sepeda yang bisa disimpan dilipat dan disimpan di lemari !! Setelah dilipat, sepedapun dengan mudah dapat ditarik di jalan dengan salah satu ujung setang nya.

8. Mobil Robot Elektrik

Sama seperti kereta bayi di mal, kendaraan listrik stackable bisa disewa di kota-kota besar dan kemudian kembali ke kios untuk diisi ulang. CityCars sangatlah kecil, dengan ruang untuk dua penumpang dan jumlah minimal koper, dan dapat lebih kecil lagi dari tempat parkir. Dibuat oleh para peneliti di MIT, konsep CityCar mungkin datang ke kota di AS lebih cepat karena General Motors saat ini sedang bekerja pada prototipe.

9. Sepeda Anti Pencurian

Sepeda ini tidak bisa dicuri, dengan alat “pembaca sidik jari” yang hanya memungkinkan pemilik untuk naik itu. Ban ini tidak akan pernah bengkong. Sepeda yang tampak futuristik ini dirancang oleh pengendara sepeda Olimpiade Chris Boardman menghapus banyak alasan orang untuk tidakmenggunakan untuk memiliki sepeda, tetapi harga sepeda cantik ini sekitar $ 4.000. Saat ini hanya konsep, dan Boardman mengharapkan 2 dekade kedepan sepeda ini akan keluar di pasaran.

10. Kendaraan Segway

Ini adalah kendaraan dengan konsep futuristik.Meskipun masih hanya berjalan sekitar 12mph dan butuh waktu sekitar satu jam untuk diisi ulang.

Sumber: Terselubung

NB: yang sepeda lipat keren banget deh, sama sepeda anti pencurian, kereen! Semoga di masa depan polusi sangat sangat berkurang dengan adanya kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, dan semoga harga kendaraan-kendaraan itu murah jadi bisa terjangkau. Ya at least kalo pun harganya mahal, semoga kesadaran manusia untuk berjalan kaki, naik sepeda, dan transportasi publik yang ada makin bagus, nyaman dan aman..

25 Orang Terkenal Yang Ultahnya Diperingati Google

Sejak tahun 2002, Google telah memberi penghormatan kepada 25 orang bersejarah dengan mengubah versi logo Google, dan di tampilkan seharian pada homepage Google. Berikut daftar 25 orang terkenal yang kelahirannya dirayakan oleh Google.

1. Ren Magritte

(1898-1967) seniman surrealist Belgia, terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 November 2008.

2. Marc Chagall

(1887-1985) seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad duapuluh.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.

3. Diego Velzquez

(1599-1660) seniman pelukis dan potret asal Spanyol, banyak dari lukisan terkenalnya diabadikan dari makna budaya dan sejarah, raja-raja serta figur-figur orang Eropa terkemuka sepanjang waktu.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Juni 2008.

4. Walter Gropius

(1883-1969) arsitek Jerman, pendiri dari Bauhaus dan pelopor arsitektur modern.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 18 Mei 2008.

5. Alexander Graham Bell

(1847-1922) Ilmuwan dan penemu terkenal, diantaranya menemukan telepon.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008.

6. Luciano Pavarotti

(1935-2007) penyanyi opera Italia, bagian dari “The Three Tenors” dan salah satu penyanyi paling terkenal di dunia.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Oktober 2007.

7. Yuri Gagarin

(1934-1968) cosmonaut Soviet yang merupakan manusia pertama di ruang angkasa dan orbit bumi.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 April 2007.

8. Edvard Munch

(1863-1944) pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionisticnya. Lukisannya The Scream adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai thema logo ).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.

9. Sir Arthur Conan Doyle

(1859-1930) pengarang Inggris yang terkenal dengan roman-roman nya tentang Sherlock Holmes, salah satu dari tokoh-tokoh khayal paling terkenal sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 22 Mei 2006.

10. Percival Lowell

(1855-1916) ahli falak Amerika (di antaranya) terkenal karena studinya tentang Mars dan pendiri dari Lowell Observatory, yang setelah kematiannya menemukan Pluto.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Maret 2006.

11. Wolfgang Amadeus Mozart

(1756-1791) Dari Austria. Memiliki bakat yang luar biasa dalam ber musik dan salah satu dari composer-komposer klasik paling populer sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 27 Januari 2006.

12. Martin Luther King Jr.

(1929-1968) Salah satu Pemimpin Amerika paling terkenal. berdarah Afrika-Amerika, mungkin lebih terkenal sebagai symbol perlawanan terhadap perbedaan ras, ia juga peraih penghargaan Nobel perdamaian.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Januari 2006. Dan selalu ditampilkan pada setiap Hari Martin Luther King Jr (16 Januari).

13. Louis Braille

(1809-1852) Pencipta dari braile, yang digunakan sebagai sistem baca-tulis untuk orang buta atau orang yang lemah penglihatan (Ia sendiri buta).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 4 Januari 2006.

14. Frank Lloyd Wright

(1867-1959) arsitek dan interior design Amerika. American Institute of Architecture menyebutnya sebagai arsitek terbesar Amerika sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 8 Juni 2005.

15. Leonardo Da Vinci

(1452-1519) Orang Italia serba bisa, melakukan hal-hal yang luar biasa bekerja sebagai seorang ilmuwan, insinyur, pencipta, ahli ilmu urai tubuh, pelukis dan banyak lagi. sering disebut sebagai manusia archetypal Renaissance. Salah satu orang paling berbakat yang dikenal secara luas sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 15 April 2005.

16. Vincent Van Gogh

(1853-1890) seniman Impressionist dari Belanda dan pelopor Expressionisme. Dan ya, ia memotong telinganya sendiri.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 30 Maret 2005.

17. Ray Charles

(1930-2004) penyanyi dan pemain piano musik soul Amerika. Majalah Rolling Stone menempatkannya pada ranking 2 dari daftar 100 penyanyi terbesar sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 23 September 2004.

18. Gaston Julia

(1893-1978) ahli matematik asal Prancis pencetus formula Julia set, yang digunakan dalam hal fractals generating.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Pebruari 2004.

19. Alfred Hitchcock

(1899-1980) Sutradara dan produser film asal Inggris, pelopor genre ketegangan psikologis. salah satu pembuat film yang terkenal sepanjang masa.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Agustus 2003.

20. M. C. Escher

(1898-1972) seniman grafis asal Belanda, terkenal dengan image mathematic inspiratif-nya tentang konstruksi-konstruksi yang mustahil dan figur-figur geometris.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Juni 2003.

21. Albert Eisnten

(1879-1955) ahli fisika Jerman, paling dikenal karena teori relatifitas nya tetapi memberikan kontribusi besar terhadap berbagai disiplin ilmu. Ia juga penerima penghargaan Nobel fisika. Ia dihormati sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 14 Maret 2003.

22. Michelangelo

(1475-1564) pelukis, pemahat, arsitek dan insinyur asal Italia. Bersama-sama dengan Leonardo da Vinci, ia sering disebut sebagai manusia archetypal Renaissance (multi talenta).

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Maret 2003.

23. Pablo Picasso

(1881-1973) pelukis dan pemahat berdarah Andalusia-Spanyol. Terkenal (di antaranya) mendirikan gerakan Cubist. Ia juga salah satu orang yang mempunyai nama terpanjang yang pernah ditemui, coba ini: Pablo Diego Jose Francisco de Paula Juan Nepomuceno Maria de los Remedios Cipriano de la Santasima Trinidad Martyr Patricio Clito Ruiz y Picasso.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 25 Oktober 2002.

24. Andy Warhol

(1928-1987) seniman dan ilustrator asal Amerika dan seorang figur terkenal di dalam Gerakan Pop art. Sebagai tambahan terhadap banyak karya seni nya, ia juga terkenal untuk menjadi pencetus konsep “15 minutes of fame”.

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Agustus 2002.

25. Piet Mondrian

(1872-1944) pelukis Belanda dan seorang kontributor penting terhadap gerakan seni abstract De Stijl.

(tidak diketahui kapan ditampilkan di homepage Google. Maapken..)

Dari semua logo yang pernah ditampilkan Google untuk mengenang tokoh-tokoh tersebut diatas, yang paling saya sukai adalah logo Albert Einsten dan Michelangelo.. Lucu dan kreatif 🙂